5 Buah Gunungan Berisi Bakpia Ludes Diperebutkan Warga di Yogyakarta

5 Buah Gunungan Berisi Bakpia Ludes Diperebutkan Warga di Yogyakarta – Grebeg Bakpia di kampung Pathuk Yogyakarta mengisap perhatian penduduk. Beberapa ribu penduduk lantas berebutan gunungan yang berisi 10 ribu bakpia itu.

Sejumlah 5 buah gunungan berisi oleh-oleh unik Yogyakarta itu ludes dalam beberapa saat. Selesai didoakan, beberapa ribu penduduk yang telah siap-siap langsung menggempur gunungan. Rayahan (rebutan) gunungan grebeg Bakpia ini dipusatkan dihalaman kosong di Jl KS Tubun, Pathuk, Ngampilan, Yogyakakarta.

” Hebat ya, ini pertamakali saya turut serta cuma di Yogya. Barusan pernah was-was lantaran amat banyak, tapi nyatanya asik, puas, serta saya puas bakpia, ” kata salah satunya penduduk dari Balikpapan, Kalimantan, Herawati, dilokasi, Minggu (20/10/2018) .

Wakil Walikota Yogyakara, Heroe Poerwadi menyampaikan pemkot Yogyakarta mensuport biar bakpia ini sungguh-sungguh jadi bukti diri serta jadi brand Yogyakarta kecuali Gudeg. Grebeg Bakpia ini jadi sisi memperkokoh dari bagaimana riwayat perkembangan serta perubahan bakpia di Pathuk Yogyakarta.

” Hingga orang ke Yogya kecuali ke gudeg, bakpia ikut sisi khusus buat jadi oleh-oleh, ” kata Heroe Poerwadi di area Grebeg Bakpia.

Sebelum diperebutkan, gunungan bakpia lebih dulu diarak mengelilingi Ngampilan disertai kelompok-kelompok kesenian penduduk. Gunungan Bakpia diarak dari Jl KS Tubun menjurus barat ke arah jalan Letjend Suprapto keselatan ke arah Ngabean menjurus timur ke Jl KH Ahmad Dahlan. Dari jalan Ahmad Dahlan selanjutnya ke jalan Bayangkara selanjutnya balik kembali ke jalan KS Tubun.