ABK Lompat ke Laut Selamatkan Diri dari Kebakaran Kapal Muat Bensin di Ambon

ABK Lompat ke Laut Selamatkan Diri dari Kebakaran Kapal Muat Bensin di Ambon – Kapal KM Saudara Sejati yang berlabuh ditepi pantai kira-kira Negeri Wakal, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, terbakar. Tujuh anak buah kapal (ABK), termasuk juga dua penumpang, loncat ke laut selamatkan diri.

Kasubag Humas Polres Pulau Ambon serta Pulau-pulau Lease Ipda Julkisno Kaisupy mengemukakan kapal terbakar bermula dari nada ledakan di area mesin yang bikin banyak ABK di kapal langsung berlarian. Banyak ABK langsung ke arah area mesin untuk mematikan kobaran api.

“Juragan (La Aru) ingin menghidupkan mesin dengan gunakan kunci kontak, tidak diduga terdengar bunyi ledakan di area mesin sampai keluarkan asap hitam tebal serta terbakar,” Kata Kasubag Humas Polres Pulau Ambon serta Pulau-pulau Lease Ipda Julkisno Kaisupy, Minggu (24/2/2019).

Usaha banyak ABK mematikan api gak sukses. Api dalam waktu cepat merembat di tubuh kapal, sampai selanjutnya banyak ABK melonjak ke laut untuk selamatkan diri ke arah pinggir pantai.

“Lalu banyak ABK berupaya untuk mematikan api itu tapi tidak dapat hingga banyak ABK melonjak ke laut,” kata Julkisno.

Momen kapal terbakar itu berlangsung kira-kira waktu 13:00 WIT. Kapal itu bermuatan sembako, bensin, solar, sampai minyak tanah yang arahnya ke Dusun Amaholu di Kabupaten Seram Sisi Barat (SBB) Maluku. Julkisno menyatakan tidak ada korban jiwa dalam momen itu.

“Kapal menampung sembako, bensin, solar, serta minyak tanah yang dikemas dalam jeriken 20 liter sejumlah 150 jeriken. Tidak ada korban jiwa, kerugian material diramalkan sejumlah Rp 300 juta. Api padam dengan sendirinya kendati anggota Polsek Leihitu ikut menolong mematikan api. Kurang-lebih 1 jam kapal terbakar, yang tersisa dari kapal cuma sisi bawa juga kapal yang terendam di air,” kata Julkisno.