Bermodal Perabot Rumah Tangga, Petugas KPPS di Semarang Buat Dekorasi TPS Unik

Bermodal Perabot Rumah Tangga, Petugas KPPS di Semarang Buat Dekorasi TPS Unik – Kreativitas KPPS di TPS 03 Desa Jambu, Dusun Jambu Lor, Kabupaten Semarang pantas dapat pujian. Masalahnya dengan modal gagasan kreatif serta perlengkapan rumah tangga yang ada, mereka bisa mendekorasi TPS memiliki nuansa Jawa classic.

TPS 03 di desa ini tdk dalam sebuah lapangan atau tempat terbuka, akan tetapi dalam sebuah rumah Jawa limasan yang terbuat kayu. Nuansa Jawa classic atau tempo dahulu rasanya. Kecuali rumah kayu, beberapa perlengkapan seperti meja kursi, teko serta cangkir tanah liat dan sepeda serta tokoh wayang kulit Bima terpasang di TPS itu.

TPS itu pun tempati tempat penting dari rumah Jawa yang termasuk tetap komplet serta tertangani dengan baik. Untuk menyaksikan Lis Calon Konsisten (DCT) serta Lis Pemilih Konsisten (DPT) terpasang pada sisi depan. Masyarakat juga mengamati beberapa nama DCt yang terpasang dalam tempat itu sebelum masuk menyerahkan undangan menentukan.

Ketua KPPS TPS 03 Dusun Jambu Lor, Hadad (31), mengaku ide mendekorasi TPS mempunyai tujuan untuk menghilangkan perasaan jemu untuk masyarakat yang mengantre. Dijumpai detikcom di tempat pengambilan suara, Hadad mengharapkan keadaan TPS jadikan masyarakat yang mengantre terasa semakin nyaman.

“Satu orang habiskan waktu lebih kurang lebih kurang 5 menit. Kan cukup itu kalaupun menanti, nah dengan rancangan tempat seperti orang menanti bertambah nyaman. Kami pun memutar classic saat proses pengambilan terjadi. Ini kami tujukan biar masyarakat makin lebih santai,” jelas Hadad, Rabu (17/4/2019).

Dalam pantauan, masyarakat yang hadir ke TPS 03 Dusun Jambu Lor, tidak malas memakai tempat untuk berfoto. Menurut Hadad, dekorasi tempat pada pemilu kesempatan ini berubah menjadi nilai plus mengingat anggotanya yang semuanya tetap relatif berumur muda.

“Anggota kami berumur muda, rata-rata umur dua beberapa puluh tahun. Kami mendekorasi tempat ini sejak mulai hari minggu, kebetulan rumah ini kosong, kami meminjam lewat cara mengontak pakar waris. Alhamdulillah diizinkan,” tandas Hadad.