Cara Mengolah Daging Kambing Agar Baunya Hilang

Cara Mengolah Daging Kambing Agar Baunya Hilang – Terkecuali jadi peristiwa sharing, Idul Adha juga dirayakan dengan berkumpul dengan keluarga serta memasak olahan daging kurban. Biasanya waktu Idul Adha, daging sapi serta kambinglah yang dibuat jadi makanan.

Tetapi membuat daging sapi tidak semenantang daging kambing. Sebab, daging kambing mempunyai bau ciri khas serta struktur daging yang agak lebih alot daripada sapi.

KompasTravel merangkum sebagian panduan dari beberapa paka masakan kambing supaya daging kambing tidak ak berbau serta alot. Panduan ini dirangkum dari acara jumpa pers Kecap Bango mendekati Idul Adha th. 2016 serta 2017.

” Paling perlu agar tidak alot itu diseset sisi luar (selaput) daging. Jadi dagingnya saja. Itu sesetannya buat masak gulai. Dagingnya buat masak yang beda. Dagingnya juga tidak bisa terkena air, kelak bau, ” kata Sutiarno dengan kata lain Pak Nano, penjual Tongseng Petir di Bantul, Yogyakarta.

Tidak cuma Pak Nano, nyaris semuanya paka masakan kambing tidak merekomendasikan untuk membersihkan daging kambing. Daging juga tidak bisa sebatas terkena cipratan air.

Pak Nano juga merekomendasikan, sebelumnya dibuat, sebaiknya daging kambing digantung untuk keluarkan sisa darah.

Lalu waktu membuat kambing, campur daging dengan adanya banyak daun jeruk. Daun jeruk berperan jadi pembasmi bau dari daging kambing, seringkali dimaksud juga bau prengus.

Sedang supaya daging kambing makin empuk, Pak Sukatni dari Tongseng Pondok Sate Kambing Muda Pejompongan, Benhil, Jakarta berikan anjuran untuk menumis daging dengan nanas.

” Masukan sedikit nanas yang telah diparut atau diblender waktu menumis kambing, supaya daging merasa lebih empuk, ” sebut Pak Sukatni.

Berlainan dengan Pak Sukatni, Indra yang disebut penerus ke-3 dari Gecok Mantep Roso di Semarang, umumnya merebus sebentar daging kambing dengan garam sebelumnya dibuat kembali. Terkecuali lebih empuk, langkah tersebut dinilai memberi rasa yang lebih dalam pada daging kambing.