Emmanuel Gobay Mengakui Di Pukuli Oleh Oknum Polisi Di Mapolda DIY

Emmanuel Gobay Mengakui Di Pukuli Oleh Oknum Polisi Di Mapolda DIY – Pengacara dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta, Emmanuel Gobay mengakui jadi korban kekerasan oleh oknum polisi di Mapolda DIY. Dia dipukuli oknum polisi kala bakal mengikuti beberapa puluh mahasiswa yang di tangkap buntut demo ricuh di simpang tiga universitas UIN Yogya, Selasa (1/5) malam.

” Jika jam 19. 00 dari LBH datang, itu baru sebagian menit sesudah banyak peserta unjuk rasa hingga di Polda. Petugas Polri baru mengidentifikasi peserta, belumlah ada sistem yustisia. Area aula kala jadikan jadi tempat kontrol kepolisan jadi jadi ruang terbatas untuk umum. Bahkan juga polisi yg tidak mempunyai urusan segera dengan identifikasi juga tidak diperbolehkan masuk aula itu, ” kata Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto pada wartawan, Rabu (2/5/2018) .

Dijelaskannya, polisi pastinya akan mengemukakan serta memberi hak pada terperiksa untuk didampingi pengacara jikalau telah ada surat kuasa dari yang di check.

” Yang hingga saat ini banyak terperiksa belum pula memberi surat kuasanya pada advokat yang mereka tunjuk. Pasti ini mesti dengan kertas surat kuasa, ” tuturnya.

Yuliyanto mengatakan pengacara dari LBH tidak diusir dari Polda. Dia mengatakan mereka cuma disuruh keluar dari area aula yang tengah diperlukan untuk identifikasi.

Sementara berkenaan dengan pemukulan, lanjutnya, hingga sekarang SPKT Polda DIY belum pula terima laporan polisi.

” Dari barusan malam hingga saat ini belumlah ada laporan ke SPKT maupun Propam jikalau ada oknum polisi yang memukul PBH serta advokat, ” katanya.

” Serta mustahil orang yg tidak bersalah dipukuli, terlebih di Polda. Yang bersalah membakar pos polisi saja kita jagalah dari amukan warga, ” tuturnya.