Gempa Berkekuatan 4, 3 SR, Yang Melanda Kota Padang Serta Mentawai Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Berkekuatan 4, 3 SR, Yang Melanda Kota Padang Serta Mentawai Tidak Berpotensi Tsunami – Warga Kota Padang, Sumatera Barat rasakan getaran gempa yg cukup kuat, Jumat (22/6) sore kurang lebih jam 15. 19 WIB. Info yg dikumpulkan, gempa berpusat di 63 km. Barat Daya Kabupaten Pesisir Selatan dengan kedalaman 10 km..

” Kekuatannya kurang lebih 4, 3 taraf richter, ” ucap Pelaksana (Plt) Kepala Pusat Gempa Bumi Tsunami Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono.

Diterangkan Rahmat, gempa yg di Pesisir Selatan itu taraf 3 Modified Mercally Intensity (MMI).

” Atau gempa cuma bangunan seolah-olah ada truk yg berlalu, ” terangnya.

Sambungnya, apabila diliat dari area episenter kedalaman hiposenter, gempa tektonik klasifikasi gempa bumi dangkal yg berjalan karena kegiatan subduksi lempeng Indonesia-Australia ke bawah lempeng Eurasia. Yang pasti, di area Megathrust subduksi lempeng yg ada di Samudera Hindia sisi barat Sumatera.

” Konvergensi dua lempeng yg area subduksi itu jadi salah satunya area sumber gempa bumi yg amat aktif di Sumatera. Hasil pengamatan, gempa dipicu penyesaran naik (Thrust Fault), ” sambung Rahmat.

Dari Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) memperlihatkan, apabila guncangan gempa di daerah Tua Pejat Kepulauan Mentawai Kota Padang.

” Namun, hari itu laporan efek rusaknya karena gempa. Hasil pemodelan juga memperlihatkan gempa itu tak punya harapan tsunami, ” tutupnya.