Gunakan Alat Las, Pelaku Bobol Mesin ATM di Mojokerto

Gunakan Alat Las, Pelaku Bobol Mesin ATM di Mojokerto – Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dalam minimarket Jalan Raya Trowulan, Desa Watesumpak, Trowulan, Mojokerto dibobol kawanan pencuri. Beberapa pemeran sukses membawa kabur uang tunai Rp 673, 7 juta sesudah buka paksa kotak uang di mesin ATM memakai alat las.

Kapolsek Trowulan Kompol Suhartono menjelaskan, bobolnya mesin ATM punya Bank BCA itu baru didapati karyawan minimarket pagi barusan jam 08. 00 WIB. Kala buka minimarket, karyawan itu lihat mesin ATM dalam situasi rusak.

Uang di dalamnya udah raib. Karyawan minimarket lantas memberikan laporan pencurian ini ke Polsek Trowulan. Memperoleh laporan itu, petugas hadir ke tempat untuk kerjakan olah TKP.

” Menurut rekaman CCTV dalam minimarket, pemeran sejumlah dua orang. Masuk pagi hari barusan jam 00. 28 WIB, minimarket udah tutup, ” kata Suhartono terhadap wartawan di tempat, Sabtu (20/10/2018) .

Ia memaparkan, beberapa pemeran masuk ke minimarket lewat cara menjebol atap serta plafon. Titik atap yg dijebol cuma berjarak kira-kira 1 mtr. dari mesin ATM. Mesin tarik uang tunai punya Bank BCA itu terdapat di pojok kanan depan minimarket itu.

Lubang yg dibikin pemeran pada plafon atau atap minimarket kira-kira 1 mtr. persegi. Pas dibawah lubang itu ada almari pendingin untuk display minuman. Almari ini disangka jadi pijakan pemeran untuk turun dari plafon.

Bekas Kapolsek Jatirejo ini menjelaskan, kawanan pembobol mesin ATM ini termasuk profesional. Di rekaman CCTV minimarket tampak salah seseorang pemeran membawa tas ransel yg disangka berisi alat las.

Sebelum mebongkar kotak uang di mesin ATM, mereka terlebih dulu tutup camera pengawas dengan cat semprot supaya perbuatan mereka gak terekam.

” Ada delapan CCTV dalam minimarket, enam salah satunya dikaburkan dengan cat semprot. Yg bukan hanya CCTV dibagian gudang serta di muka yg tdk merekam menuju mesin ATM. Hingga yg terekam cuma kala mereka masuk ke minimarket, ” jelasnya.

Ke-2 pemeran, lanjut Suhartono, memakai jaket hitam serta pakai cadar. Mereka buka paksa 4 kotak uang dalam mesin ATM memakai alat las.

Tiap-tiap kotak uang di mesin ATM, menurut Suhartono, dapat menyimpan uang tunai Rp 230 juta. Mesin ATM punya Bank BCA itu baru di isi penuh pada Jumat (19/10) sore dengan uang pecahan Rp 100 ribu serta Rp 50 ribu beberapa Rp 920 juta.

” Menurut hasil hitung pihak bank, uang yg diambil pemeran Rp 673, 7 juta, ” katanya.