Menikmati Kopi Di Temanggung

Menikmati Kopi Di Temanggung – Terkecuali populer dengan produksi tembakau premiumnya, Rekanggung di Jawa Tengah juga menaruh komoditi paling baik yang lain yakni kopi.

Bila Anda bertandang ke perkebunan tembakau di lereng Gunung Sindoro-Sumbing, ada tanaman kopi sebagai tanaman pendamping itu. Menurut satu diantara petani kopi Rekanggung, Mukidi, hal itu adalah manfaat perlindungan yang melakukan perbaikan kwalitas tembakau.

Kopi yang ditanam di lokasi tembakau paling baik Rekanggung itu adalah type arabika. Ketinggian lereng gunug tersebut yang membuatnya pas untuk ditanam.
Mukidi menyampaikan, di Rekanggung sendiri kopi memanglah cuma jadi tanaman pendamping, berperan menahan tingkat erosi, mempunyai nilai ekologi. Tetapi dalam periode panjang membuahkan nilai ekonomi.

“Jika tembakau digabungkan dengan kopi, ada aliran ekonomi yang tidak bakal pernah mati di tingkat petani. Kopi bln. Mei, Juni, Juli panen, tengah tembakau bila musim normal, pertengahan Juli baru mulai panen hingga September, ” tutur Mukidi pada KompasTravel waktu berkunjung ke Tempat tinggal Kopi Mukidi kepunyaannya, Jumat (3/2/2017).