Ponorogo Selalu Waspadai Hepatitis A Yang Mewabah Di Pacitan

Ponorogo Selalu Waspadai Hepatitis A Yang Mewabah Di Pacitan – Dinas Kesehatan Ponorogo melaksanakan langkah mengantisipasi lantaran Hepatitis A telah mewabah di Pacitan. Bahkan juga di kota berjukuk Seribu Goa itu, wabah itu telah berstatus Peristiwa Luar Biasa (KLB) .

Kadinkes Ponorogo Rahayu Kusdarini menyuarakan Prilaku Hidup Bersih serta Sehat (PHBS) biar orang aman dari penyakit Hepatitis A. Dia bersukur sampai sekarang ini tak ada penduduk Bumi Reog yg terjangkit atau tertular Hepatitis A.

” Alhamdulilah, untuk Ponorogo aman. Tak ada laporan penduduk terserang Hepatitis A, ” papar Kadinkes yg akrab dipanggil Irin, Minggu (30/6/2019) .

Irin memberi tambahan, mewabahnya penyakit Hepatitis A di Pacitan dapat berpengaruh ke banyak desa yg bersebelahan langsung dengan Ponorogo. Seperti di Ngrayun, Tugurejo (Slahung) serta Watubonang (Badegan) .

” Semua anggota kami di 31 Puskesmas harus lebih hati-hati. Bila menemukannya masalah langsung dilakukan tindakan, ” terangnya.

Menurut dia, tanda-tanda awal penyakit Hepatitis A adalah lemas, mata kuning, pucat serta perut mual. Bila alami begitu, seharusnya pasien selekasnya dibawa ke pusat kesehatan seperti Puskesmas atau rumah sakit.

Terkecuali itu, petugas kesehatan di lapangan dapat berikan penyuluhan terhadap orang dengan media yg. Biar orang senantiasa mengawasi kebersihan lantaran penyebaran dapat melalui makanan.

” Harus menjaga PHBS, ” ujarnya.

Jadi kabar, sampai sekarang ini telah ada 957 orang terjangkit Hepatitis A di Pacitan. Mereka menyebar di 9 Puskesmas di Pacitan. Yaitu Sudimoro, Sukorejo, Ngadirojo, Wonokarto, Tulakan, Bubakan, Arjosari, Tegalombo, serta Ketrowonojoyo. Status KLB telah dijalankan sejak mulai Selasa (25/6) .