Ratusan Warga Cibuntu Arak-Arakan Bagikan Sedekah Bumi

Ratusan Warga Cibuntu Arak-Arakan Bagikan Sedekah Bumi – Beberapa ratus warga Desa Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat berkeliling-keliling kampung dengan membawa hasil bumi serta makanan atau di kenal dengan adat sedekah bumi. Beberapa ratus warga beramai-ramai mengarak hasil bumi dengan keliling kampung sampai belasan km..

Dengan membawa hasil bumi beberapa warga mesti jalan kaki menyusuri tempat tinggal warga serta persawahan. Kelompok lelaki perlu membawa tetenong yg di isi makanan.

Semetara, kelompok wanita membawa boboko yg di isi makanan juga buat disantap saling bersama. Adat yg di gelar 1 tahun sekali itu jadi bentuk sukur atas melimpahnya hasil panen th. ini.

Arak-arakan warga serta beberapa makanan yg telah terkumpul selanjutnya di doakan oleh sesepuh warga cibuntu jadi bentuk sukur pada tuhan. Selesai didoakan, beberapa ratus warga segera menyerbu makanan yg dibawa.

” Diinginkan adat ini dapat menarik wisatawan dari luar daerah. Dikarenakan Desa cibuntu sebagai desa wisata yg diawalnya mendapatkan penghargaan juara ke dua nasional se indonesia, ” papar Suta, tokoh penduduk Desa Cibuntu.