Serene Usir Belalang Kembara

Serene Usir Belalang Kembara – Beberapa ribu belalang kembara yang ‘menyerbu’ Bandara Umbu Mehang Kunda di Waingapu, Sumba Timur, NTT pada Sabtu (10/6) pernah tunda penerbangan. Satu diantara langkah untuk mengusir belalang-belalang itu yaitu dengan sirene.

Satu diantara warga Waingapu, Mariana Sylviana Moy atau yang akrab disapa Yane menyampaikan kalau perlu lebih kurang saat 1 jam untuk mengusir belalang kembara dari bandara. Langkahnya yaitu dengan membunyikan sirene.

” Sirene dibunyikan, mobil-mobil bandara keliling hingga belalang tidak dapat mendarat, ” kata Yane waktu dihubungi detikcom, Minggu (11/6/2017).

Pengusiran memakai sirene efisien karna frekwensi pendengaran belalang kembara berlainan dengan manusia. Nada sirene itu mengganggu belalang serta buat mereka pergi.

Yane memprediksi ada sekitaran 3. 000 belalang kembara yang penuhi bandara siang tempo hari. Beberapa ribu belalang kembara itu ada yang terbang rendah mendekati landasan bandara, ada pula yang terbang tinggi.

” Mereka mungkin saja menginginkan ingin mendarat ke landasan namun tidak dapat karna telah dihalau, ” ucapnya.

saya menjelaskan kalau belalang kembara umum diketemukan di Sumba Timur tetapi bukanlah dalam jumlah sampai beberapa ribu. Timbulnya beberapa ribu belalang kembara ini mencengangkan warga yang menanti di bandara.

” Tempo hari warga yang menanti pesawat serta di berjalan-jalan semuanya kaget. Mereka berhenti lihat belalang. Mereka excited, ” tutur Yane.